Laporan Karya Ilmiah PBK UPBJJ-UT
PEMBINAAN
KEPEMUDAAN DALAM
KEGIATAN KESENIAN MUSIK QOSIDAH BERIRAMA MELAYU BAGI PEMUDA KARANG TARUNA
BINA MUDA DI DESA RINGINLARIK KECAMATAN MUSUK KABUPATEN BOYOLALI
Disusun
Untuk Memenuhi Tugas Kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan
Disusun
Oleh :
NAMA : JOKO AGUNG NUGROHO
NIM :
836791761
POKJAR : BOYOLALI
UPBJJ-UT
SURAKARTA
TAHUN 2017
HALAMAN
PENGESAHAN
Laporan akhir ini disusun untuk
melengkapi tugas pada mata kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan dengan
Judul :
PEMBINAAN KEPEMUDAAN DALAM KEGIATAN KESENIAN MUSIK QOSIDAH
BERIRAMA MELAYU BAGI
PEMUDA KARANG TARUNA BINA MUDA DI DESA RINGINLARIK KECAMATAN MUSUK KABUPATEN BOYOLALI
Praktik Program Kepemudaan Mata
Kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan.
Laporan akhir ini telah disetujui dan
disahkan pada :
Hari : Minggu
Tanggal : 30
April 2017
|
|
||||||
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah puji
syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rizki, rahmat dan
hidayahNya, sehingga penyusunan tugas Pembelajaran Berwawasan Masyarakat
berjudul Pembinaan Kepemudaan dalam Kegiatan Kesenian Musik Qosidah Berirama Melayu Bagi Pemuda Karang Taruna Bina Muda di Desa Ringinlarik Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali dapat
diselesaikan dengan baik.
Laporan ini di susun guna memenuhi tugas mata
kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Penulis mengambil judul ini
karena warga belajar mempunyai minat yang besar terhadap pelatihan kesesian musik qosidah berirama
melayu di desa Ringinlarik, Musuk, Boyolali. Penulis berharap dengan kegiatan ini
akan mampu memberikan konstribusi terhadap perkembangan ekonomi dan meningkatkan ketaqwaan masyarakat terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Pada kesempatan ini tidak lupa saya ucapkan banyak
– banyak terima kasih kepada :
1.
Winarti Rahayu, M.Pd selaku tutor
mata kuliah pembelajaran berwawasan kemasyarakatan.
2.
Bapak Tarnu Suyatno selaku
Kepala Desa Ringinlarik.
3.
Semua warga Desa Ringinlarik.
4.
Semua pihak yang membantu dalam
pelaksanaan praktik kemasyarakatan yang tidak bisa penulis sebut satu persatu.
Penulis menyadari sepenuhnya, bahwa dalam
penyusunan laporan ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu penulis
mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kemajuan penyusunan
ini di kemudian hari.
Akhirnya penulis berharap seamoga laporan ini
bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.
Boyolali, 30 April 2017
Penulis
JOKO AGUNG NUGROHO
NIM. 836791761
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ..………………………………………………………
LEMBAR
PENGESAHAN …………………………………………………
KATA PENGANTAR ………………………………………………………
DAFTAR ISI ...………………………………………………………...........
DAFTAR LAMPIRAN
….…………………………………………….........
DAFTAR TABEL …………………………………………………………..
DAFTAR GAMBAR ..………………………………………………………
BAB I
PENDAHULUAN …………………………………………………...
A. LATAR BELAKANG ..…………………………………………………
B. TUJUAN KEGIATAN ..………………………………………………...
C. HASIL YANG DICAPAI ………………………………………….........
BAB II TEKNIK
PELAKSANAAN KEGIATAN …………………….........
A. TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN ……….........
B. MATERI PELATIHAN …………………………………………………
C. STRATEGI DAN DISKRIPSI JALANNYA KEGIATAN ……….…….
BAB III TEMUAN
DAN HASIL ……………………………………………
A. TEMUAN DAN HASIL EVALUASI PROSES …...……………………
B. TEMUAN DAN HASIL EVALUASI PRODUK ……….………………
C. PEMBAHASAN …...……………………………………………………
D. GAMBARAN KEAKTIVAN PARA PEMUDA BINAAN .........………
BAB IV PENUTUP …………………………………………………………
A. SIMPULAN ……..………………………………………………………
B. SARAN …….……………………………………………………………
C. TINDAK LANJUT ……...………………………………………………
DAFTAR PUSTAKA
…………….…………………………………………
LAMPIRAN
|
i
ii
iii
iv
v
vi
vii
1
1
2
2
3
3
4
19
22
22
22
22
22
25
25
25
26
27
|
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1. Surat
Rekomendasi dari Kelurahan
Lampiran 2. Data
Identifikasi Kepemudaan
Lampiran 3. Daftar
Keaktifan Pemuda Binaan
Lampiran 4. Daftar
Hadir Pemuda Binaan
Lampiran 4.1.
Daftar Hadir Pemuda Binaan Pertemuan Pertama
Lampiran 4.2.
Daftar Hadir Pemuda Binaan Pertemuan ke Dua
Lampiran 4.3.
Daftar Hadir Pemuda Binaan Pertemuan ke Tiga
Lampiran 4.4.
Daftar Hadir Pemuda Binaan Pertemuan ke Empat
DAFTAR TABEL
Tabel 1. Waktu Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan
Tabel 2. Daftar Pemuda Binaan
Tabel 3. Tahap
Pelaksanaan Kegiatan/Pembinaan
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1. Pembinaan penyeteman dan perpindahan
kunci gitar
Gambar 2. Berlatih mengatur tekanan dan tempo kendang
Gambar 3. Mengecek perkembangan kendang dangdut
Gambar 4. Berlatih dengan mengajak vokalis putri
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pembelajaran berwawasan
kemasyarakatan yaitu pembelajaran yang diselenggarakan dengan menggunakan
berbagai potensi sumber daya manusia, sumber daya budaya, dan sumber daya
teknologi pembelajaran berwawasan kemasyarakatan harus didasari pada makna dan manfaat bagi peserta didik. Kebermaknaan dan
kebermanfaatan mengandung arti bahwa pembelajaran
yang di ikuti oleh peserta didik itu dirasakan ada manfaatnya untuk dapat
diterapkan dalam kehidupan peserta didik
itu sendiri.
Praktik program pendidikan
masyarakat ini mencakup praktik keaksaraan praktik taman bacaan masyarakat
(TMB). Dan praktik kepemimpinan masyarakat, praktik program pendidikan
masyarakat yang dirancang merupakan praktik pilihan. Pilihan kegiatan
praktik yang sesuai dengan kondisi dan
situasi kebutuhan di masyarakat maka saya memilih kegiatan kepemudaan yang
terjadi di masyarakat sekitar saya yaitu pelatihan kesenian musik qosidah berirama melayu.
Di era ini sudah banyak para seniman-seniman musik qosidah yang mulai pensiun, yang akhirnya menimbulkan banyak kekurangan musisi-musisi qosidah
dilingkungan masyarakat kami. Sanggat
di sayangkan apabila
musik qosidah di desa Ringinlarik kecamaan Musuk kabupaten Boyolali ini punah
atau tidak ada generasi penerusnya.
Atas dasar tersebut, maka
saya mengambil kegiatan untuk memberdayakan masyarakat dalam pelatihan kesenian musik qosidah berirama
melayu. Kegiatan ini bertujuan untuk
mengembangkan muda mudi yang mandiri dan berkarya.
1
|
B.
Tujuan Kegiatan
1.
Tujuan Umum:
Melalui program kegiatan
ini diharapkan bahwa masyarakat dapat
berperan serta dalam melakukan pembinaan dari tidak tahu menjadi tahu secara bersama-sama dengan
organisasi kepemudaan di lingkungan kemasyarakatan serta dapat mengembangkan
secara berkelanjutan kinerja kreatif dan produktif yang koheren dengan nilai-nilai
moral.
2.
Tujuan Khusus
:
a.
Meningkatkan
keterampilan pemuda
pemudi dalam seni musik, yakni seni musik qosidah berirama melayu.
b.
Berperan
aktif dalam kegiatan sosial
c.
Meningkatkan
ketaqwaan kepada Tuhan YME.
C.
Hasil Yang di Capai
1.
Pemuda pemudi dapat berkarya
dalam seni musik terutama dalam seni musik qosidah yang memiliki nilai jual.
2.
Bermanfaat
dalam hubungan bermasyarakat.
3.
Mengurangi
jumlah pengangguran yang berusia produktif apabila memiliki keterampilan dalam bidang seni musik.
BAB II
TEKNIK PELAKSANAAN KEGIATAN
A.
Tempat dan Waktu Pelaksanaan Kegiatan
1.
Tempat Pelaksanaan Kegiatan
Tempat pelaksanaan kegiatan keterampilan seni musik qosidah berirama melayu di desa Ringinlarik, kecamatan Musuk, kabupaten Boyolali.
2.
Waktu Pelaksanaan Kegiatan
Waktu kegiatan pelatihan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 19.00 – 24.00 WIB. Kegiatan dimulai
dari tanggal 01 April 2017 – 29 April 2017. Waktu kegiatan pelatihan tersebut dipilih karena waktu yang
dimiliki peneliti dan peserta adalah dalam waktu – waktu yang luang. Berikut tabel waktu
pelaksanaan kegiatan pembinaan.
Tabel 1.
3
|
No
|
Kegiatan
|
April 2017
|
|||
Minggu ke
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
||
1
|
Persiapan
|
V
|
V
|
V
|
V
|
2
|
Rekrutmen
peserta
|
V
|
V
|
V
|
V
|
3
|
Pembekalan
wawasan dan pengetahuan tentang materi pembinaan seni
musik qosidah irama melayu
|
V
|
V
|
V
|
V
|
4
|
Persiapan
alat – alat yang dibutuhkan
|
V
|
V
|
V
|
V
|
5
|
Kegiatan
pembinaan I
|
V
|
V
|
V
|
V
|
6
|
Kegiatan
pembinaan II
|
V
|
V
|
V
|
V
|
7
|
Monitoring
dan evaluasi
|
V
|
V
|
V
|
V
|
8
|
Pelaporan
|
V
|
V
|
V
|
V
|
3.
Peserta
Tabel 2.
Daftar Pemuda Binaan
No
|
Nama
|
Jenis
Kelamin
|
Usia
(Tahun)
|
Pendidikan
|
1
|
Agus Susanto
|
L
|
17
|
SMK
|
2
|
Agus Irfanudin
|
L
|
16
|
SMP
|
3
|
Supriyanto
|
L
|
18
|
SMK
|
4
|
Sigit Damiyono
|
L
|
17
|
SMK
|
5
|
Dwi Sasono
|
L
|
18
|
SMK
|
6
|
Harjono
|
L
|
17
|
SMK
|
7
|
Bagong Riyadi
|
L
|
16
|
SMP
|
4.
Tenaga
Pengajar
Tenaga pengajar dalam pembinaan kesenian musik qosidah
berirama melayu adalah Joko Agung Nugroho.
B.
Materi Pelatihan
Materi kegiatan pembinaan program
pembinaan kepemudaan adalah kesenian musik qosidah berirama melayu. Keseniaan ini hanya menggunakan
alat musik Organ/Keyboard, Gitar Melody, Drum, Kendang Dangdut dan Gitar Bas.
Adapun materi-materi
dalam pelatihan
adalah sebagai berikut :
1.
Memainkan alat musik Gitar Melody
Gitar pada umumnya memiliki 6 senar atau dawai, mulai dari yang
paling kecil (paling bawah) sampai dengan yang paling besar (paling atas). Baik
itu gitar akustik ataupun gitar elektrik. Keduanya memiliki nada yang sama pada
setiap senarnya.
Yang membedakan gitar
akustik dengan gitar elektrik adalah tuningnya. Nada-nada pada masing-masing
senar gitar adalah sebagai berikut :
a.
Senar 1 (senar paling bawah) bernada E’
b.
Senar 2 bernada B
c.
Senar 3 bernada G
d.
Senar 4 bernada D
e.
Senar 5 bernada A
f.
Senar 6 (senar paling atas) bernada E
Kunci Dasar Gitar
Gambar diatas merupakan
kunci gitar C, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.
Kunci Dasar Gitar
Gambar diatas merupakan
kunci gitar D, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.
Kunci Dasar Gitar
Gambar diatas merupakan
kunci gitar E, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.
Kunci Dasar Gitar
Gambar diatas merupakan
kunci gitar F, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.
Kunci Dasar Gitar
Gambar diatas merupakan
kunci gitar G, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.
Kunci Dasar Gitar
Gambar diatas merupakan
kunci gitar A, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.
Kunci Dasar Gitar
Gambar diatas merupakan
kunci gitar Dm, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.
Kunci Dasar Gitar
Gambar diatas merupakan
kunci gitar Em, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.
Kunci Dasar Gitar
Gambar diatas merupakan
kunci gitar Am, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.
Setiap senar memiliki nada yang berbeda, tergantung dimana letak
fret yang akan kamu tekan. Fret sendiri dapat dikatakan adalah kolom-kolom yang
terdapat pada gitar dan dipisahkan oleh besi pada lengan gitarnya.
Yang terpenting dari semuanya adalah jika kamu ingin cepat
menguasai bermain gitar maka kamu harus belajar dengan giat. Karena latihan
merupakan hal yang dapat dilakukan di waktu senggang kamu.
Setelah kamu memahami
kunci gitar, kamu juga harus mempelajari cara menyetem kunci gitar. Bagaimana
caranya ? Berikut ini adalah penjelasannya :
Cara Belajar Menyetem Chord Gitar
Cara menyetem kunci gitar ini dapat dilakukan dengan beberapa
cara, yaitu cara menyetem dengan tuning standar, kemudian menyetem gitar dengan
menggunakan tuner (efek gitar maupun aplikasi dari android), dan yang terakhir
mencocokan dengan instrumen lain, serta juga bisa menggunakan teknik harmonik.
Semua cara menyetem gitar tersebut bisa kamu gunakan pada
instrumen gitar akustik, gitar elektrik, atau bahkan juga bisa kamu gunakan
pada instrumen lainnya seperti kencerung, ukulele, maupun bass.
Cara Menyetem Gitar Manual
Gambar 1.
Pembinaan penyeteman dan perpindahan
kunci gitar
Sebenarnya metode ini sangatlah mudah untuk dilakukan, akan tetapi
pada kenyataannya sering kali menyebabkan para pemula kebingungan. Mengapa bisa
demikian ?
Karena kita harus melatih
pendengaran kita dan kepekaan terhadap nadanya.
a.
Tekan senar 6 pada fret ke-5, kemudian sesuaikan
nadanya dengan senar 5 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
b.
Tekan senar 5 pada fret ke-5, kemudian sesuaikan
nadanya dengan senar 4 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
c.
Tekan senar 4 pada fret ke-5 kemudian sesuaikan
nadanya dengan senar 3 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
d.
Tekan senar 3 pada fret ke-4, kemudian sesuaikan
nadanya dengan senar 2 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
e.
Tekan senar 2 pada fret ke-5, sesuaikan nadanya
dengan senar 1 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
Gimana? Sangat mudahkan menyetem gitar dengan cara manual? Kamu
tinggal ikuti saja langkah-langkah diatas. Akan tetapi faktor terpentingnya adalah
pendengaran. Kamu harus mendengarkan nada yang keluar dengan sangat teliti.
Cara Menyetem Gitar dengan Tuning
Standar
Mengapa harus menggunakan tuning standar? Karena tuning banyak
sekali digunakan gitaris dan umumnya lagu-lagu yang beredar di pasaran
menggunakan steman standar seperti ini.
Lalu bagaimana caranya
menyetem supaya tuning kita menjadi standar tanpa menggunakan alat bantuk
seperti tuner ini? Langkah yang paling mudah adalah dengan mencocokan secara
langsung dengan lagu yang telah kita dengar.
Dalam hal ini, carilah dan kemudian dengarkan lagu yang intro atau
awalnya dimulai dari chord E. Karena dengan chord tersebut kita dapat
mengetahui nada E tanpa dipetik atau nada open string.
Band yang sering
menggunakan chord E sebagai chord awal lagunya adalah Peterpan, seperti pada
lagunya yang berjudul Mimpi yang Sempurna, Tak Bisakah, Bintang di Surga.
Cobalah kamu dengarkan salah satu lagu tersebut dan dengarkan
chordnya yang pertama. Setelah mendengarkannya, langsung saja samakan nadanya
dengan senar 6 pada gitar kamu. Bila sudah sama maka langkah selanjutnya bisa
menggunakan cara seperti yang sudah dijelaskan pada cara menyetem manual di
atas.
Cara Menyetem Gitar dengan Instrument lain
Mencocokan dengan instrument lain ini biasanya terjadi ketika kita
masuk ke dalam studio. Kadang setelan nada gitar kita berbeda dengan instrument
yang lainnya. Bagaimana caranya agar nadanya menjadi sama?
Nah, kamu bisa
mencocokannya dengan suara instrument lain. Misalnya adalah dengan keyboard.
Tidak hanya gitar saja, ketika kalian bermain bass juga dapat menggunakan cara
ini ketika kamu berlatih bersama-sama dengan timmu.
2.
Memainkan alat musik Drum
Drum adalah alat musik yang termasuk
kedalam alat musik perkusi. Di dalam permainan musik pop, rock, dan jazz
biasanya menggunakan drum sebagai penentu tempo dan juga ketukan dasar dari
sebuah komposisi permainan lagu. Apa itu drum?drum kit atau drum set adalah
sekelompok drum yang tersusun terdiri dari snare, hi hat, tom,tom, tom floor
bass drum, dan kadang ditambah dengan drum listrik. Tidak ketinggalan juga ada
piringan yang terbuat dari bahan metal yang berwarna keemasan yang biasa
disebut dengan nama cymbal. Nah, cymbal setidaknya ada 3 buah pada drum kit,
yaitu crash, ride, dan hi-hat. Nah, bagi anda yang ingin mahir bermain drum,
anda perlu mengetahui dulu teknik-teknik dasar bermain drum. Siapa tahu anda
bisa menjadi drummer avenged sevenfold yang selanjutnya atau mungkin bisa
menjadi drummer terbaik abad ini.
Tentu saja dalam bermain
drum ada banyak sekali teknik dasar yang wajib anda ketahui mulai dari dari
posisi duduk hingga cara memukulnya. Jadi ingat, memukul drum tidak asal lho,
semua ada tekniknya tak segampang seperti yang anda lihat di video atau
televisi.
a. Tegak Ketika Duduk
Posisi
duduk anda haruslah tegak agar anda bisa mendapatkan bentuk tubuh yang sesuai
ketika bermain drum. Anda bisa tegak dan terlatih tegak akan memberikan tenaga
tambahan ketika anda sedang bermain drum dalam waktu yang cukup lama. Jadi
jangan membungkuk atau terlalu tegak kebelakang. Tegaklah agar anda mampu
mendapatkan seluruh bagian dari drum. Dan power ketika bermain drum dengan baik
dan benar juga. Tak usah memperdulikan posisi yang tidak biasa. Anda bisa
melakukannya secara terus menerus dan memaksa anda yang terbiasa bungkuk
menjadi tidak bungkuk lagi dalam duduk. Cobalah untuk disiplin dalam posisi
tegak ini.
b. Ibu Jari Tumpuan Stick
Nah,
jangan lupa ketika memegang stick drum, anda perlu membuat sesuatu yang benar
agar mendapatkan tingkat ketebalan dalam bermain drum dengan baik. Yaitu dengan
menempatkan posisi ibu jadi pada bagian tengah stick drum anda. Jadi, anda yang
sedang belajar harus paham ini dengan baik. Sisakan stick pada bagian belakang
agar telapak tangan anda bisa membuka tutup untuk membuat stick anda melayang
ketika menyentuh bagian drum. Jadi, ketika stick rum anda kembali anda cukup
menangkapnya tak perlu menarik stik drum dengan menggunakan tenaga yang
berlebihan. Anda pun bisa menghemat tenaga dalam memainkan drum anda.
Ada
Dua cara dalam Memegang stick untuk memukul drum, yaitu:
1)
Teknik Match Grip adalah
memegang dengan posisi stick lurus agar mendapatkan tenaga yang cukup keras.
Biasanya teknik ini digunakan para pemain professional pada genre lagu rock dan
juga rock. Nah, bagi anda yang merupakan pemula teruslah belajar dengan teknik
ini dengan benar.
2)
Teknik Tradisional Grip
Teknik adalah memegang stick drum dengan cara menyamping dan sedikit lebih
pelan. Tentu saja teknik ini memiliki tujuan untuk membuat suara atau tone yang
lembut dan juga soft. Teknik ini biasa digunakan mereka yang merupakan drummer
dari pemain musik jazz. dan swing.
c. Injak Pedal Bass Drum dengan Baik
Anda
perlu menjaga pijakan anda agar terdengar baik, pada dasarnya pada permainan
druma dan dua bagian yang penting yaitu pada bass drum dan snare. Jadi, ketukan
anda harus pas dan juga sangat penting untuk konsisten. Misal anda salah atau
lupa, anda pastikan bahwa anda tidak lupa dalam ketukan bass drum atau snare
karena pada bagian tersebut akan menentukan tempo dari seluruh alat musik yang
sedang bermain bersama dengan drum.
Ada
teknik dasar ketika menginjak pedal bass drum, yaitu:
1)
Full Kick
Anda bisa menggunakan
seluruh bagian telapak kaki anda agar anda bisa menemukan sisi stabil dalam
mengetuk sebuah bass drum. Dengan teknik ini, anda bisa menggunakan engsel mata
kaki anda yang akan membuat anda menjadi lebih baik lagi. Tapi terkadang teknik
ini cukup melelahkan karena akan membutuhkan tenaga banyak untuk menekan sebuah
bass drum dengan tenaga tersebut. Hasilnya pun akan kurang bertenaga. Tapi,
jika anda sedang konser, teknik ini sangat recommended karena akan sangat
saving kekuatan kaki anda. Dan juga ketika konser pada bagian bass drum sudah
ada mic jadi tak perlu kuat kuat.
2)
Half Kick
Anda menggunakan setengah
kaki anda pada bagian dengan. Teknik ini menekankan engsel lutut sebagai
tumpuan. Jadi, anda bisa mengangkat kaki anda keatas. Teknik ini akan
memberikan anda kekuatan untuk menjadikan ketukan bass drum menjadi lebih bulat
dan juga kuat. Untuk anda yang suka bertempo cepat, teknik ini sangat bagus
karena akan membuat permainan anda konsisten dan terlihat jelas.
d. Hi hat adalah Pengatur Tempo
Nah,
pada kaki kiri anda, anda perlu memainkan hi hat dengan benar. tidak hanya
sebagai cymbal, hi hat merupakan
sebuah pengatur tempo dan juga ketukan bagi para drummer. Ketukan dari hi hat
harus jelas dan juga baik. karena memang dalam memainkan drum, anda perlu
memberikan ketukan yang stabil dan tidak kurang atau kelebihan. Seperti halnya
dalam permainan alat musik lainnya. Biasanya hi hat akan membagi bagian bagian
dari permainan ke dalam bentuk beberapa bar dan akan diperjelas dengan
membukanya hi hat. Dengan kata lain, anda perlu mengetuk hi hat yang tertutup
lalu membukanya pada bagian terakhir sebelum memulai bar selanjutnya. Nah,
menginjak pedal hi hat juga perlu dengan aturan tersendiri. Anda perlu
menentukan open hi hat pada ukuran 0, 1/2, 1/4, 1 (full) karena hasil dari
suara juga akan berbeda.
e. Mulai dari Ketukan Dasar
Nah,
bagi anda yang merupakan pemula sebaiknya anda belajar drum dari awal dengan
baik dan benar. Mulai dari ketukan dalam permainan snare, seperti single
stroke, double stroke, triplets, dan lain sebagainya. Tentu saja dengan ketukan
tersebut, anda bisa mengatur permainan drum anda menjadi lebih baik lagi. Lalu,
bisa anda lanjutkan dengan cara memadukan ketukan kaki kanan pada bass drum dan
kaki kiri pada pedal hi hat, tangan kanan pada hi hat dan tangan kiri pada
snare drum. Hitung ketukan hi hat sebanyak 8 kali lalu anda sisipkan ketukan
bass drum pada 1 dan 5 dan ketukan snare drum pada hitungan ke 3 dan 7. Hitung
berulang ulang dengan hi hat juga.
3.
Memainkan alat musik Kendang Dangdut
Gambar 2.
Berlatih mengatur tekanan dan tempo
kendang
Kendang
di bagi menjadi dua bagian.yang pertama adalah kendang TAK atau kendang yang mempunyai ukuran lebih kecil. Yang kedua kendang DUT
yang mempunyai
ukuran lebih besar untuk memukul TAK gunakan jari telunjuk saja.dan selain jari jempol dan kelingking digunakan untuk menahan.gunakan 2 jari untuk menahan. untuk DUT nya atau bass nya gunakan jari tenggah dan tangan untuk menekan yang harus kalian bisa dulu adalah ketukan dasar/standart ada beberapa genre musik dangdut dan ketauilah bahwa beda genre beda ketukan dan beda tempo yang paling penting disini adalah power dan tempo harus seimbang. kalian harus punya power. tapi power itu bisa dilatih. Macam2 genre musik dangdut
a.
Dangdut Original
dangdut original atau dangdut biasa ini mempunyai karakter yang
berbeda. dangdut ori lebih banyak di TAKnya. Karakter dangdut ori versi
Soneta dangdut
versi soneta biasanya berpadu antara drum dan kendang pukulannya juga berbeda.
b.
Dangdut 3/4
Dangdut 3/4 biasa digunakan artis
seperti bunda rita sugiarto dangdut3/4 mempunyai karakter yang kalem.
c.
Dangdut 4/4
Dangdut 4/4 biasanya digunakan konser seperti Dangdut Akademi dan KDI
d.
Dangdut Koplo
Dangdut koplo mempunyai karakter musik yang santai tapi asik
perbedaannya dangdut koplo dengan dangdut original adalah di dangdut ori ketukan lebih banyak di tak, sedangkan koplo
banyak di dut koplo itu seperti jaipong dangdut ngaplak, bagi yang susah belajar tak nya. Dangdut ngaplak cukup mudah dengan cara memukul tak pakai telapak
tanggan, pada saat tak dipukul posisi telapak
tangan harus
di karet pada memukul karet dan pinggir harus bersamaan untuk tong nya tetep
pinggir
4.
Memainkan alat musik Gitar Bass
Pegang gitar
bass dengan benar. Agar dapat memainkan musik yang
indah, sangat penting untuk mempelajari posisi yang benar. Anda harus selalu menggunakan
tali selempang gitar agar tangan Anda dapat fokus memainkan nada-nada yang Anda
inginkan.
a.
Anda dapat duduk atau
berdiri, namun pastikan Anda mempunyai postur yang baik. Dan pastikan selempang
gitar Anda menopang gitar Anda di ketinggian yang sama ketika Anda duduk
ataupun berdiri.
b.
Gitar seharusnya
diletakkan di antara pinggang dan tulang leher. Kebanyakan orang memainkan
gitar di perut, namun ini hanya pilihan pribadi.
c.
Gitar sebaiknya di
miringkan sekitar 30 derajat, agar Anda tidak perlu menekuk pergelangan tangan
Anda terlalu jauh.
Pengaturan nada standar
pada gitar dengan 4 senar adalah E-A-D-G, dengan E sebagai senar paling bawah
dan G sebagai senar paling atas. Anda dapat mengatur nada gitar dengan
mendengarkan nadanya, yang terkadang kurang tepat atau menggunakan electric tuner yang lebih tepat
pengaturan nadanya. Untuk mengatur pitch
nada setiap senar, Anda cukup memutar bagian atas gitar.
Berlatih
memetik. Gitar bass tidak seperti gitar lain yang
senarnya dapat dimainkan dengan cara memetik seluruh senar bersamaan, gitar
bass hanya dapat dimainkan dengan memetik satu per satu senar. Sangat penting
untuk berlatih cara memetik gitar bass untuk menghasilkan suara yang indah.
Gitar bass juga dapat dipetik seperti gitar biasa, yang tergantung pada jenis
musik yang dimainkan.
a.
Selalu potong kuku jari
Anda. Kuku Anda akan berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan senar gitar.
b.
Petik menggunakan dua
jari untuk meningkatkan efisiensi. Petik gitar menggunakan jari tengah dan jari
telunjuk secara bergantian. Tidak masalah dengan jari apa Anda memulai, asalkan
kecepatan dan irama kedua jari tetap sama.
c.
Petik senar berdekatan
dengan leher gitar untuk nada yang lembut. Jika Anda memetik senar di bagian
ujung badan gitar, suara yang dihasilkan akan lebih perkusi. Ketika Anda
berlatih, lokasikan petikan Anda ke area gitar tertentu tanpa sering
berpindah-pindah.
d.
Petik senar dengan cara
menggesekan ujung jari Anda ke senar. Jangan menarik senar pada saat memainkan
gitar, karena suara yang dihasilkan kurang enak didengar. Jika Anda ingin
memperbesar suara, besarkan tingkat suara di amplifier, bukan menguatkan
petikan pada senar.
Matikan
suara senar yang tidak Anda mainkan. Untuk menghasilkan suara
yang lebih jelas dan tidak mengganggu nada yang Anda mainkan, penting untuk
mematikan suara getaran senar dengan cara menahannya dengan jari Anda.
a.
Jaga agar ibu jari Anda
tetap dekat dengan senar E sesering mungkin, agar ketika Anda tidak memainkan
nada dengan ibu jari, Anda bisa menggunakannya untuk mematikan suara senar E.
b.
Jika harus melewati
beberapa senar untuk memainkan nada-nada yang berbeda, cobalah gunakan beberapa
jari Anda sekaligus untuk membantu mematikan suaranya.
c.
Anda juga bisa
memindahkan ibu jari Anda ke senar selain E untuk mematikan suara senar lain
jika Anda sedang mainkan nada tinggi.
d.
Jangan menekan senar ke
bawah, namun cukup letakkan jari atau ibu jari Anda pada senar untuk mencegah
getaran senar yang dapat menghasilkan suara.
Pelajari
cara bermain root. Root adalah nada
dasar dari sebuah kord yang Anda mainkan. Kord A dimainkan dengan cara
membunyikan beberapa senar, dan biasanya root adalah nada yang dimainkan
pada nama kord. Biasanya, Anda akan bermain bass dengan hanya fokus pada root
dari setiap kord yang ada.
Belajar bermain
oktaf. Semua jenis musik terdiri dari 12 not, yang bisa dimainkan
dengan pitch rendah ataupun tinggi. Tingkat ketinggian nada not tersebut
disebut juga oktaf.
a.
Untuk memainkan nada yang
oktafnya lebih tinggi dari nada yang Anda mainkan, turun dua senar dan geser
dua fret ke kanan.
b.
Untuk memainkan nada yang
oktafnya lebih rendah dari nada yang Anda mainkan, naik dua senar dan 2 fret ke
kiri.
c.
Anda dapat memainkan
oktaf rendah dengan jari telunjuk dan oktaf tinggi dengan jari manis. Gunakan
jari Anda yang lain untuk mematikan suara senar yang tidak dimainkan.
Belajar
memainkan root dan nada kord ke lima.
Setelah Anda mengerti nada root, pelajarilah nada kord ke lima. Nada ke
lima adalah nada yang berjarak 5 nada dari root. Biasanya nada ini
dimainkan bersamaan, untuk mengiringi pemain gitar atau piano. Untungnya
menemukan nada ini sangatlah mudah.
a.
Untuk memainkan nada ke
lima di atas, geser dua fret ke kanan di senar berikutnya.
b.
Untuk memainkan nada ke
lima di bawah, tetap tekan fret yang sama dan pindah ke senar
sebelumnya.
Jaga
irama ketika berlatih. Tugas terpenting dari seorang pemain
bass adalah menjaga irama dari musik yang ia mainkan. Bass akan memberikan
suara yang indah pada setiap musik, walaupun demikian, tugas terpentingnya
adalah menjaga irama musik. Setelah Anda mahir dalam memetik dan memainkan nada
yang tepat, berlatihlah untuk menjaga irama musik.
a.
Dengarkan suara pemain
bass di lagu kesukaan Anda untuk mempelajari bagaimana memainkan irama
musiknya.
b.
Beli sebuah metronome
untuk membantu Anda berlatih. Metronome adalah sebuah alat yang menghasilkan
bunyi dengan tempo tertentu, membantu Anda untuk menyesuaikan irama dan tempo.
Anda dapat mengatur kecepatan metronome untuk berlatih irama pelan
ataupun cepat.
C.
Strategi dan Deskripsi jalannya
Kegiatan
1.
Strategi
kegiatan
a.
Pengamatan
Melalui
kegiatan ini penulis mencoba mengamati kegiatan yang dilakukan oleh pemuda di
lingkungan sekitar, hasilnya diperoleh bahwa sebagian besar para pemuda kurang
memanfaatkan waktu dan potensinya untuk kegiatan kesenian.
b.
Penentuan Masalah
Setelah
penulis mengadakan pengamatan dengan hasil bahwa sebagian pemuda kurang
memanfaatkan potensi kesenian mereka,
maka dilakukan pembinaan kegiatan yang dapat menjadi bekal bermasyarakat.
c.
Penentuan Pemuda Binaan
Dalam
menentukan pemuda yang akan dibina dipilih pemuda yang tinggal di lingkungan
sekitar penulis, hal itu untuk memudahkan hubungan komunikasi antara penulis
dengan pemuda binaan.
d.
Pemilihan Kegiatan
Dalam
memilih kegiatan diadakan musyawarah dengan pemuda binaan, dan didapat
kesepakatan untuk melakukan kegiatan pelatihan kesenian
qosidah berirama melayu karena potensi
dalam dunia seni musik lebih fleksibel.
e.
Pelaksanaan.
Agar
pelaksanaan dapat berjalan dengan baik, dalam kegiatan tidak bersifat kaku,
artinya kedudukan kita sama tidak ada yang lebih tinggi dan pemuda binaan
mempunyai kebebasan untuk mengeluarkan ide atau gagasan dalam kegiatan
pembinaan.
f.
Evaluasi
Dalam tahap
ini dapat dilihat hasil pelatihan seni musik oleh
ketujuh pemuda binaan.
g.
Tindak lanjut
Diharapkan
pemuda dapat berkarya dalam seni musik melalui
kegiatan pembinaan ini.
2.
Deskripsi Jalannya Kegiatan
a.
Pada tahap pra kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 01 – 29 April 2017
1)
Pada tanggal 01- 02 April 2017 penulis mengadakan pengamatan dilingkungan
sekitar dengan hasil bahwa sebagian dari mereka melakukan kegiatan yang kurang
bermanfaat dan pemuda kurang memanfaatkan potensi mereka di
bidang seni musik.
2)
Tanggal 03 April 2017 penulis menentukan tujuh pemuda
binaan yang ada di lingkungan sekitar, ketujuh pemuda merupakan anggota
Karang Taruna Bina Muda
3)
Tanggal 04 – 05 April 2017
melakukan kegiatan :
a)
Mengadakan kunjungan kepada 7 pemuda
binaan
b)
Menjelaskan tujuan kegiatan
pembinaan
c)
Meminta
kesediaan 7 pemuda binaan untuk mengikuti kegiatan pembinaan.
3.
Tahap
pelaksanaan dilaksanakan yaitu pada tanggal 08 – 29
April 2017
Tabel 3.
Tahap Pelaksanaan Kegiatan/Pembinaan
No
|
Pertemuan
|
Hari/tanggal
Pelaksanaan
|
Materi
Program
|
|
1
|
I
|
Sabtu,
08 April 2017
|
Persiapan alat-alat dan pembekalan
materi pelatihan qosidah berirama melayu kepada pemuda binaan
|
|
2
|
II
|
Sabtu,
15 April 2017
|
Melaksanakan kegiatan pelatihan qosidah tahap pertama dan
sebagai tahap konsultasi awal
|
|
3
|
III
|
Sabtu,
22 April 2017
|
Melaksanakan kegiatan pelatihan qosidah tahap kedua dan
sebagai tahap konsultasi akhir
|
|
4
|
IV
|
Sabtu,
29 April 2017
|
Melaksanakan pelatihan
qosidah tahap akhir dan sebagai tahap evaluasi akhir
|
BAB III
TEMUAN DAN
HASIL
A.
Temuan dan
Hasil Evaluasi Proses
Untuk
pelatihan
seni musik qosidah berirama melayu tidak memerlukan banyak tahap dan dapat diselesaikan dalam satu kali pembinaan,
karena didukung
potensi pemuda binaan yang sudah menguasai dasar-dasar bermain alat musik,
mulai dari bermain alat musik gitar melody, drum, kendang dangdut dan gitar
bass.
B.
Temuan dan Hasil Evaluasi Produk
Hasil
pelaksanaan kegiatan secara umum sudah berhasil dengan baik dilihat
dari kualitas permainan yang
dihasilkan, meskipun dalam bidang pemasaran masih
mengalami kendala dikarenakan belum dapat memasarkan secara maksimal.
C.
Pembahasan
Dalam
era globalisasi ini dalam negeri kita telah dipenuhi dengan berbagai macam kesenian, dan tidak banyak pula kesenian qosidah. Namun dalam kegiatan pembinaan
kepemudaan dalam kesenian musik qosidah berirama melayu ini pun mengalami beberapa kendala
yang harus dihadapi oleh para pemuda antara lain qosidah ini baru bisa dipasarkan di
daerah sekitar karena
masih terbatasnya hubungan dan kerja sama dengan pihak-pihak daerah lain untuk membantu mempromosikan qosidah ini.
D.
Gambaran Keaktifan Para Pemuda
Binaan
Pada saat
identifikasi dan sosialisasi para pemuda sangat antusias dengan program yang di
tawarkan dan memberikan respon positif untuk mengikuti pembinaan.
22
|
Pada tahap awal sebelum diadakannya pembinaan kesenian musik qosidah
berirama melayu ini. Para pemuda karang taruna Bina Muda desa Ringinlarik masih
banyak yang kurang memanfaat waktu luangnya. Sesungguhnya pemuda karang taruna
Bina Muda desa Ringinlarik tepatnya didukuh Dronco banyak yang memiliki potensi
dalam bidang seni musik, namun masih banyak pula yang kurang memperhatikan
prospek-prospek dalam bidang seni musik.
Dukuh Dronco memiliki jumlah penduduk ± 307 jiwa. Dukuh Dronco merupakan
dukuh yang memiliki seniman-seniman hampir mencapai 25% dari jumlah penduduk,
namun dari sekian persen itu sudah banyak yang usiannya sudah tidak muda lagi
dan sudah kalah untuk bersaing dengan seniman-seniman dari daerah lain yang
sudah mengalami perubahan dari generasi ke generasi.
Sedikit demi sedikit setelah mulai melakukan pelatihan dari tujuh pemuda
binaan sudah mulai terlihat potensi mereka di bidang seni musik. Meskipun ada
satu pemuda yang ketika diberi penjelasan tidak memperhatikan. Namanya Bagong
Riyadi, dia adalah anak dari Dalang Joko Sartono yang sudah terkenal di dunia
seni. Meski dia tidak memperhatikan namun dia tahu apa yang harus dia lakukan
dan itu mungkin dari bakat keturunan.
Setelah melakukan praktek bermain alat musik hampir 3-4 jam mulai
terlihat titik terang untuk bermain dengan baik dan santai. Dari 7 pemuda
binaan ternyata mereka mudah untuk mengerti dan mengerjakan apa yang saya
jelaskan. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menguasai permainan
musik qosidah berirama melayu ini karena mereka memiliki potensi-potensi dalam
seni musik.
Setelah diadakan pembinaan kepemudaan dalam bidang seni musik yaitu seni
musik qosidah berirama melayu, pemuda karang taruna Bina Muda sekarang lebih
memanfaatkan waktunya terutama dalam bidang keagamaan. Meningkatnya ketaqwaan
kepada Tuhan YME. Mulai mengaji setelah berjama’ah sholat maghrib. Meningkatnya
keterampilan dalam seni musik yang memiliki nilai jual.
Di kemudian hari mungkin seni musik qosidah tidak hanya dimainkan oleh
pemuda pemudi karang taruna namun bisa untuk dimainkan oleh Ibu-Ibu dan mungkin
itu lebih prospek kedepannya.
BAB IV
PENUTUP
A.
Simpulan
Pembelajaran
Berwawasan Kemasyarakatan merupakan pembelajaran yang ditujukan untuk
mengadakan suatu pembelajaran yang berbasis masyarakat melalui beberapa macam
kegiatan seperti diadakannya kegiatan pembinaan yang bertujuan untuk
meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada
di lingkungan masyarakat.
Kegiatan pembinaan ini merupakan salah
satu cara untuk menciptakan peluang usaha baru dan untuk meningkatkan
kesejahteraan guna memenuhi semua kebutuhan hidup. Kegiatan ini juga diharapkan
dapat membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran dan persoalan sosial di
masyarakat, melalui program
pelatihan kepemudaan.
Melalui kagiatan pembinaan seni musik
qosidah yang di lakukan bersama dengan pemuda binaan Karang Taruna Bina Muda yang ada di desa Ringinlarik diharapkan
bisa dijadikan suatu contoh dalam program pemberdayaan masyarakat. Hasil dari
kegiatan pembinaan tersebut dapat menambah pengetahuan dan keterampilan para
pemuda binaan. Kegiatan pembinaan kesenian
musik qosidah ini dapat dipraktikan oleh pemuda binaan dan
masyarakat secara langsung dan prospek kedepannya pun dapat membantu
meningkatkan kreatif, keterampilan dan perekonomian masyarakat.
B.
Saran
25
|
Selain itu dalam kegiatan pembinaan yang telah dilaksanakan
masih banyak kekurangan, seperti tidak pernah diadakan kegiatan penyuluhan dari
pemerintah desa, minimalnya dana yang tersedia, dan banyak masyarakat yang
masih belum mengerti tentang nilai-nilai positif dari diadakannya kegiatan
pembinaan ini. Semoga saran ini dapat di realisasikan pada kegiatan pembinaan
di waktu yang akan datang.
C.
Tindak Lanjut
Setelah mengadakan kegiatan pembinaan ini kami sebagai
pelaksana merasa bangga dan bersyukur kehadirat Allah SWT karena selain dapat
membekali pengetahuan dan keterampilan kepada pemuda binaan khususnya dan
masyarakat umumnya. Kegiatan pembinaan ini merupakan pengalaman yang sangat
berharga tentunya bagi mahasiswa sebagai pelaksana. Selanjutnya sebagai tindak
lanjut kami mengadakan program pemantauan dan evaluasi secara berkelanjutan
supaya pemuda binaan yang sudah
mempunyai bekal pengetahuan dan keterampilan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya,
supaya kelak bisa menjadi salah satu pengusaha kerupuk yang sukses dan mempunyai
masa depan yang lebih cerah. Semoga segala upaya yang sudah kami terapkan
dapat bermanfaat Amin Ya Robbal Alamin.
DAFTAR
PUSTAKA
Hatimah, Ihat.(2008). Pembelajaran
Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta : Universitas Terbuka.
http://www.belajarmusiku.com/2015/04/cara-belajar-main-drum-pemula-dengan-mudah.html/19-4-2017/08:29
27
|
Lucky Club Casino site - Lucky Club Casino Games
BalasHapusLucky Club Casino site · All of the best Slots · The best Live Dealers · Slots · Live Casino luckyclub.live · Blackjack · Roulette · Slots