Laporan Karya Ilmiah PBK UPBJJ-UT



PEMBINAAN KEPEMUDAAN DALAM KEGIATAN KESENIAN MUSIK QOSIDAH BERIRAMA MELAYU BAGI PEMUDA KARANG TARUNA
BINA MUDA DI DESA RINGINLARIK KECAMATAN MUSUK KABUPATEN BOYOLALI

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan




logo-universitas-terbuka.jpg



Disusun Oleh :

NAMA            : JOKO AGUNG NUGROHO
NIM                : 836791761
POKJAR         : BOYOLALI


UPBJJ-UT SURAKARTA
TAHUN 2017

HALAMAN PENGESAHAN

Laporan akhir ini disusun untuk melengkapi tugas pada mata kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan dengan Judul :

PEMBINAAN KEPEMUDAAN DALAM KEGIATAN KESENIAN MUSIK QOSIDAH BERIRAMA MELAYU BAGI PEMUDA KARANG TARUNA BINA MUDA DI DESA RINGINLARIK KECAMATAN MUSUK KABUPATEN BOYOLALI

Praktik Program Kepemudaan Mata Kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan.
Laporan akhir ini telah disetujui dan disahkan pada :

Hari                 :  Minggu
Tanggal           : 30 April 2017








Mengetahui /Menyetuji
Instruktur Mata Kuliah : PBK


Winarti Rahayu, M.Pd
NIP : 19660527 199003 2 002

 


Mahasiswa UT


Joko Agung Nugroho
NIM : 836791761

 



 














KATA PENGANTAR
Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rizki, rahmat dan hidayahNya, sehingga penyusunan tugas Pembelajaran Berwawasan Masyarakat berjudul Pembinaan Kepemudaan dalam Kegiatan Kesenian Musik Qosidah Berirama Melayu Bagi Pemuda Karang  Taruna Bina Muda di Desa Ringinlarik Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali dapat diselesaikan dengan baik.
Laporan ini di susun guna memenuhi tugas mata kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Penulis mengambil judul ini karena warga belajar mempunyai minat yang besar terhadap pelatihan kesesian musik qosidah berirama melayu di desa Ringinlarik, Musuk, Boyolali. Penulis berharap dengan kegiatan ini akan mampu memberikan konstribusi terhadap perkembangan ekonomi dan meningkatkan ketaqwaan masyarakat terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Pada kesempatan ini tidak lupa saya ucapkan banyak – banyak terima kasih kepada :
1.            Winarti Rahayu, M.Pd selaku tutor mata kuliah pembelajaran berwawasan kemasyarakatan.
2.            Bapak Tarnu Suyatno selaku Kepala Desa Ringinlarik.
3.            Semua warga Desa Ringinlarik.
4.            Semua pihak yang membantu dalam pelaksanaan praktik kemasyarakatan yang tidak bisa penulis sebut satu persatu.
Penulis menyadari sepenuhnya, bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kemajuan penyusunan ini di kemudian hari.
Akhirnya penulis berharap seamoga laporan ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.
Boyolali, 30 April 2017
Penulis


JOKO AGUNG NUGROHO
NIM. 836791761
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ..………………………………………………………
LEMBAR PENGESAHAN …………………………………………………
KATA PENGANTAR ………………………………………………………
DAFTAR ISI ...………………………………………………………...........
DAFTAR LAMPIRAN ….…………………………………………….........
DAFTAR TABEL …………………………………………………………..
DAFTAR GAMBAR ..………………………………………………………
BAB I PENDAHULUAN …………………………………………………...
A.    LATAR BELAKANG ..…………………………………………………
B.     TUJUAN KEGIATAN ..………………………………………………...
C.     HASIL YANG DICAPAI ………………………………………….........
BAB II TEKNIK PELAKSANAAN KEGIATAN …………………….........
A.    TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN ……….........
B.     MATERI PELATIHAN …………………………………………………
C.     STRATEGI DAN DISKRIPSI JALANNYA KEGIATAN ……….…….
BAB III TEMUAN DAN HASIL ……………………………………………
A.    TEMUAN DAN HASIL EVALUASI PROSES …...……………………
B.     TEMUAN DAN HASIL EVALUASI PRODUK ……….………………
C.     PEMBAHASAN …...……………………………………………………
D.    GAMBARAN KEAKTIVAN PARA PEMUDA BINAAN .........………
BAB IV PENUTUP …………………………………………………………
A.    SIMPULAN ……..………………………………………………………
B.     SARAN …….……………………………………………………………
C.     TINDAK LANJUT ……...………………………………………………
DAFTAR PUSTAKA …………….…………………………………………
LAMPIRAN
i
ii
iii
iv
v
vi
vii
1
1
2
2
3
3
4
19
22
22
22
22
22
25
25
25
26
27




DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1. Surat Rekomendasi dari Kelurahan
Lampiran 2. Data Identifikasi Kepemudaan
Lampiran 3. Daftar Keaktifan Pemuda Binaan
Lampiran 4. Daftar Hadir Pemuda Binaan
Lampiran 4.1. Daftar Hadir Pemuda Binaan Pertemuan Pertama
Lampiran 4.2. Daftar Hadir Pemuda Binaan Pertemuan ke Dua
Lampiran 4.3. Daftar Hadir Pemuda Binaan Pertemuan ke Tiga
Lampiran 4.4. Daftar Hadir Pemuda Binaan Pertemuan ke Empat





















DAFTAR TABEL

Tabel 1. Waktu Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan
Tabel 2. Daftar Pemuda Binaan
Tabel 3. Tahap Pelaksanaan Kegiatan/Pembinaan











                                                                                









DAFTAR GAMBAR

Gambar 1. Pembinaan penyeteman dan perpindahan kunci gitar
Gambar 2. Berlatih mengatur tekanan dan tempo kendang
Gambar 3. Mengecek perkembangan kendang dangdut
Gambar 4. Berlatih dengan mengajak vokalis putri










BAB I
PENDAHULUAN

A.          Latar Belakang
Pembelajaran berwawasan kemasyarakatan yaitu pembelajaran yang diselenggarakan dengan menggunakan berbagai potensi sumber daya manusia, sumber daya budaya, dan sumber daya teknologi pembelajaran berwawasan kemasyarakatan harus didasari pada makna dan manfaat bagi peserta didik. Kebermaknaan dan kebermanfaatan mengandung arti bahwa pembelajaran yang di ikuti oleh peserta didik itu dirasakan ada manfaatnya untuk dapat diterapkan  dalam kehidupan peserta didik itu sendiri.
Praktik program pendidikan masyarakat ini mencakup praktik keaksaraan praktik taman bacaan masyarakat (TMB). Dan praktik kepemimpinan masyarakat, praktik program pendidikan masyarakat yang dirancang merupakan praktik pilihan. Pilihan kegiatan praktik  yang sesuai dengan kondisi dan situasi kebutuhan di masyarakat maka saya memilih kegiatan kepemudaan yang terjadi di masyarakat sekitar saya yaitu pelatihan kesenian musik qosidah berirama melayu.
Di era ini sudah banyak para seniman-seniman musik qosidah yang mulai pensiun, yang akhirnya menimbulkan banyak kekurangan musisi-musisi qosidah dilingkungan masyarakat kami. Sanggat di sayangkan apabila musik qosidah di desa Ringinlarik kecamaan Musuk kabupaten Boyolali ini punah atau tidak ada generasi penerusnya.
Atas dasar tersebut, maka saya mengambil kegiatan untuk memberdayakan masyarakat dalam pelatihan kesenian musik qosidah berirama melayu. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan muda mudi yang mandiri dan berkarya.



1
B.           Tujuan Kegiatan
1.            Tujuan Umum:
Melalui program kegiatan ini diharapkan  bahwa masyarakat dapat berperan serta dalam melakukan pembinaan dari tidak tahu menjadi tahu secara bersama-sama dengan organisasi kepemudaan di lingkungan kemasyarakatan serta dapat mengembangkan secara berkelanjutan kinerja kreatif dan produktif yang koheren dengan nilai-nilai moral.
2.            Tujuan Khusus :
a.             Meningkatkan keterampilan pemuda pemudi dalam seni musik, yakni seni musik qosidah berirama melayu.
b.            Berperan aktif dalam kegiatan sosial
c.             Meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan YME.

C.           Hasil Yang di Capai
1.            Pemuda pemudi dapat berkarya dalam seni musik terutama dalam seni musik qosidah yang memiliki nilai jual.
2.            Bermanfaat dalam hubungan bermasyarakat.
3.            Mengurangi jumlah pengangguran yang berusia produktif apabila memiliki keterampilan dalam bidang seni musik.












BAB II
TEKNIK PELAKSANAAN KEGIATAN

A.          Tempat dan Waktu Pelaksanaan Kegiatan
1.            Tempat Pelaksanaan Kegiatan
Tempat pelaksanaan kegiatan keterampilan seni musik qosidah berirama melayu di desa Ringinlarik, kecamatan Musuk, kabupaten Boyolali.
2.            Waktu Pelaksanaan Kegiatan
Waktu kegiatan pelatihan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu  pukul 19.00 – 24.00 WIB. Kegiatan dimulai dari tanggal 01 April 2017 –  29 April 2017. Waktu kegiatan pelatihan tersebut dipilih karena waktu yang dimiliki peneliti dan peserta adalah dalam waktu – waktu yang luang. Berikut tabel waktu pelaksanaan kegiatan pembinaan.
Tabel 1.
3
Waktu Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan
No
Kegiatan
April 2017
Minggu ke
I
II
III
IV
1
Persiapan
V
V
V
V
2
Rekrutmen peserta
V
V
V
V
3
Pembekalan wawasan dan pengetahuan tentang materi pembinaan seni musik qosidah irama melayu
V
V
V
V
4
Persiapan alat – alat yang dibutuhkan
V
V
V
V
5
Kegiatan pembinaan I
V
V
V
V
6
Kegiatan pembinaan II
V
V
V
V
7
Monitoring dan evaluasi
V
V
V
V
8
Pelaporan
V
V
V
V
3.            Peserta
Tabel 2.
Daftar Pemuda Binaan
No
Nama
Jenis
Kelamin
Usia
(Tahun)
Pendidikan
1
Agus Susanto
L
17
SMK
2
Agus Irfanudin
L
16
SMP
3
Supriyanto
L
18
SMK
4
Sigit Damiyono
L
17
SMK
5
Dwi Sasono
L
18
SMK
6
Harjono
L
17
SMK
7
Bagong Riyadi
L
16
SMP

4.            Tenaga Pengajar
Tenaga pengajar dalam pembinaan kesenian musik qosidah berirama melayu adalah Joko Agung Nugroho.

B.           Materi Pelatihan
Materi kegiatan pembinaan program pembinaan kepemudaan adalah kesenian musik qosidah berirama melayu. Keseniaan ini hanya menggunakan alat musik Organ/Keyboard, Gitar Melody, Drum, Kendang Dangdut dan Gitar Bas.
Adapun materi-materi dalam pelatihan adalah sebagai berikut :
1.            Memainkan alat musik Gitar Melody
Gitar pada umumnya memiliki 6 senar atau dawai, mulai dari yang paling kecil (paling bawah) sampai dengan yang paling besar (paling atas). Baik itu gitar akustik ataupun gitar elektrik. Keduanya memiliki nada yang sama pada setiap senarnya.
Yang membedakan gitar akustik dengan gitar elektrik adalah tuningnya. Nada-nada pada masing-masing senar gitar adalah sebagai berikut :

a.             Senar 1 (senar paling bawah) bernada E’
b.            Senar 2 bernada B
c.             Senar 3 bernada G
d.            Senar 4 bernada D
e.             Senar 5 bernada A
f.             Senar 6 (senar paling atas) bernada E
Kunci Dasar Gitar
Gambar diatas merupakan kunci gitar C, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.
Kunci Dasar Gitar
Gambar diatas merupakan kunci gitar D, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.
Kunci Dasar Gitar
Gambar diatas merupakan kunci gitar E, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.
Kunci Dasar Gitar
Gambar diatas merupakan kunci gitar F, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.
Kunci Dasar Gitar
Gambar diatas merupakan kunci gitar G, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.
Kunci Dasar Gitar
Gambar diatas merupakan kunci gitar A, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.
Kunci Dasar Gitar
Gambar diatas merupakan kunci gitar Dm, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.
Kunci Dasar Gitar
Gambar diatas merupakan kunci gitar Em, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.
Kunci Dasar Gitar 
Gambar diatas merupakan kunci gitar Am, kamu bisa mencobanya secara otodidak dirumah.
Setiap senar memiliki nada yang berbeda, tergantung dimana letak fret yang akan kamu tekan. Fret sendiri dapat dikatakan adalah kolom-kolom yang terdapat pada gitar dan dipisahkan oleh besi pada lengan gitarnya.
Yang terpenting dari semuanya adalah jika kamu ingin cepat menguasai bermain gitar maka kamu harus belajar dengan giat. Karena latihan merupakan hal yang dapat dilakukan di waktu senggang kamu.
Setelah kamu memahami kunci gitar, kamu juga harus mempelajari cara menyetem kunci gitar. Bagaimana caranya ? Berikut ini adalah penjelasannya :
Cara Belajar Menyetem Chord Gitar
Cara menyetem kunci gitar ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu cara menyetem dengan tuning standar, kemudian menyetem gitar dengan menggunakan tuner (efek gitar maupun aplikasi dari android), dan yang terakhir mencocokan dengan instrumen lain, serta juga bisa menggunakan teknik harmonik.
Semua cara menyetem gitar tersebut bisa kamu gunakan pada instrumen gitar akustik, gitar elektrik, atau bahkan juga bisa kamu gunakan pada instrumen lainnya seperti kencerung, ukulele, maupun bass.

Cara Menyetem Gitar Manual
 










Gambar 1.
Pembinaan penyeteman dan perpindahan kunci gitar

Sebenarnya metode ini sangatlah mudah untuk dilakukan, akan tetapi pada kenyataannya sering kali menyebabkan para pemula kebingungan. Mengapa bisa demikian ?
Karena kita harus melatih pendengaran kita dan kepekaan terhadap nadanya.
a.             Tekan senar 6 pada fret ke-5, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 5 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
b.            Tekan senar 5 pada fret ke-5, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 4 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
c.             Tekan senar 4 pada fret ke-5 kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 3 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
d.            Tekan senar 3 pada fret ke-4, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 2 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
e.             Tekan senar 2 pada fret ke-5, sesuaikan nadanya dengan senar 1 yang dibunyikan tanpa menekan fret manapun.
Gimana? Sangat mudahkan menyetem gitar dengan cara manual? Kamu tinggal ikuti saja langkah-langkah diatas. Akan tetapi faktor terpentingnya adalah pendengaran. Kamu harus mendengarkan nada yang keluar dengan sangat teliti.
Cara Menyetem Gitar dengan Tuning Standar
Mengapa harus menggunakan tuning standar? Karena tuning banyak sekali digunakan gitaris dan umumnya lagu-lagu yang beredar di pasaran menggunakan steman standar seperti ini.
Lalu bagaimana caranya menyetem supaya tuning kita menjadi standar tanpa menggunakan alat bantuk seperti tuner ini? Langkah yang paling mudah adalah dengan mencocokan secara langsung dengan lagu yang telah kita dengar.
Dalam hal ini, carilah dan kemudian dengarkan lagu yang intro atau awalnya dimulai dari chord E. Karena dengan chord tersebut kita dapat mengetahui nada E tanpa dipetik atau nada open string.
Band yang sering menggunakan chord E sebagai chord awal lagunya adalah Peterpan, seperti pada lagunya yang berjudul Mimpi yang Sempurna, Tak Bisakah, Bintang di Surga.
Cobalah kamu dengarkan salah satu lagu tersebut dan dengarkan chordnya yang pertama. Setelah mendengarkannya, langsung saja samakan nadanya dengan senar 6 pada gitar kamu. Bila sudah sama maka langkah selanjutnya bisa menggunakan cara seperti yang sudah dijelaskan pada cara menyetem manual di atas.
Cara Menyetem Gitar dengan Instrument lain
Mencocokan dengan instrument lain ini biasanya terjadi ketika kita masuk ke dalam studio. Kadang setelan nada gitar kita berbeda dengan instrument yang lainnya. Bagaimana caranya agar nadanya menjadi sama?
Nah, kamu bisa mencocokannya dengan suara instrument lain. Misalnya adalah dengan keyboard. Tidak hanya gitar saja, ketika kalian bermain bass juga dapat menggunakan cara ini ketika kamu berlatih bersama-sama dengan timmu.
2.            Memainkan alat musik Drum
Drum adalah alat musik yang termasuk kedalam alat musik perkusi. Di dalam permainan musik pop, rock, dan jazz biasanya menggunakan drum sebagai penentu tempo dan juga ketukan dasar dari sebuah komposisi permainan lagu. Apa itu drum?drum kit atau drum set adalah sekelompok drum yang tersusun terdiri dari snare, hi hat, tom,tom, tom floor bass drum, dan kadang ditambah dengan drum listrik. Tidak ketinggalan juga ada piringan yang terbuat dari bahan metal yang berwarna keemasan yang biasa disebut dengan nama cymbal. Nah, cymbal setidaknya ada 3 buah pada drum kit, yaitu crash, ride, dan hi-hat. Nah, bagi anda yang ingin mahir bermain drum, anda perlu mengetahui dulu teknik-teknik dasar bermain drum. Siapa tahu anda bisa menjadi drummer avenged sevenfold yang selanjutnya atau mungkin bisa menjadi drummer terbaik abad ini.
Tentu saja dalam bermain drum ada banyak sekali teknik dasar yang wajib anda ketahui mulai dari dari posisi duduk hingga cara memukulnya. Jadi ingat, memukul drum tidak asal lho, semua ada tekniknya tak segampang seperti yang anda lihat di video atau televisi.

a.             Tegak Ketika Duduk

Posisi duduk anda haruslah tegak agar anda bisa mendapatkan bentuk tubuh yang sesuai ketika bermain drum. Anda bisa tegak dan terlatih tegak akan memberikan tenaga tambahan ketika anda sedang bermain drum dalam waktu yang cukup lama. Jadi jangan membungkuk atau terlalu tegak kebelakang. Tegaklah agar anda mampu mendapatkan seluruh bagian dari drum. Dan power ketika bermain drum dengan baik dan benar juga. Tak usah memperdulikan posisi yang tidak biasa. Anda bisa melakukannya secara terus menerus dan memaksa anda yang terbiasa bungkuk menjadi tidak bungkuk lagi dalam duduk. Cobalah untuk disiplin dalam posisi tegak ini.

b.            Ibu Jari Tumpuan Stick

Nah, jangan lupa ketika memegang stick drum, anda perlu membuat sesuatu yang benar agar mendapatkan tingkat ketebalan dalam bermain drum dengan baik. Yaitu dengan menempatkan posisi ibu jadi pada bagian tengah stick drum anda. Jadi, anda yang sedang belajar harus paham ini dengan baik. Sisakan stick pada bagian belakang agar telapak tangan anda bisa membuka tutup untuk membuat stick anda melayang ketika menyentuh bagian drum. Jadi, ketika stick rum anda kembali anda cukup menangkapnya tak perlu menarik stik drum dengan menggunakan tenaga yang berlebihan. Anda pun bisa menghemat tenaga dalam memainkan drum anda.
Ada Dua cara dalam Memegang stick untuk memukul drum, yaitu: 
1)            Teknik Match Grip adalah memegang dengan posisi stick lurus agar mendapatkan tenaga yang cukup keras. Biasanya teknik ini digunakan para pemain professional pada genre lagu rock dan juga rock. Nah, bagi anda yang merupakan pemula teruslah belajar dengan teknik ini dengan benar.
2)            Teknik Tradisional Grip Teknik adalah memegang stick drum dengan cara menyamping dan sedikit lebih pelan. Tentu saja teknik ini memiliki tujuan untuk membuat suara atau tone yang lembut dan juga soft. Teknik ini biasa digunakan mereka yang merupakan drummer dari pemain musik jazz. dan swing.

c.             Injak Pedal Bass Drum dengan Baik

Anda perlu menjaga pijakan anda agar terdengar baik, pada dasarnya pada permainan druma dan dua bagian yang penting yaitu pada bass drum dan snare. Jadi, ketukan anda harus pas dan juga sangat penting untuk konsisten. Misal anda salah atau lupa, anda pastikan bahwa anda tidak lupa dalam ketukan bass drum atau snare karena pada bagian tersebut akan menentukan tempo dari seluruh alat musik yang sedang bermain bersama dengan drum. 
Ada teknik dasar ketika menginjak pedal bass drum, yaitu:
1)            Full Kick
Anda bisa menggunakan seluruh bagian telapak kaki anda agar anda bisa menemukan sisi stabil dalam mengetuk sebuah bass drum. Dengan teknik ini, anda bisa menggunakan engsel mata kaki anda yang akan membuat anda menjadi lebih baik lagi. Tapi terkadang teknik ini cukup melelahkan karena akan membutuhkan tenaga banyak untuk menekan sebuah bass drum dengan tenaga tersebut. Hasilnya pun akan kurang bertenaga. Tapi, jika anda sedang konser, teknik ini sangat recommended karena akan sangat saving kekuatan kaki anda. Dan juga ketika konser pada bagian bass drum sudah ada mic jadi tak perlu kuat kuat.
2)            Half Kick
Anda menggunakan setengah kaki anda pada bagian dengan. Teknik ini menekankan engsel lutut sebagai tumpuan. Jadi, anda bisa mengangkat kaki anda keatas. Teknik ini akan memberikan anda kekuatan untuk menjadikan ketukan bass drum menjadi lebih bulat dan juga kuat. Untuk anda yang suka bertempo cepat, teknik ini sangat bagus karena akan membuat permainan anda konsisten dan terlihat jelas.

d.            Hi hat adalah Pengatur Tempo

Nah, pada kaki kiri anda, anda perlu memainkan hi hat dengan benar. tidak hanya sebagai cymbal, hi hat merupakan sebuah pengatur tempo dan juga ketukan bagi para drummer. Ketukan dari hi hat harus jelas dan juga baik. karena memang dalam memainkan drum, anda perlu memberikan ketukan yang stabil dan tidak kurang atau kelebihan. Seperti halnya dalam permainan alat musik lainnya. Biasanya hi hat akan membagi bagian bagian dari permainan ke dalam bentuk beberapa bar dan akan diperjelas dengan membukanya hi hat. Dengan kata lain, anda perlu mengetuk hi hat yang tertutup lalu membukanya pada bagian terakhir sebelum memulai bar selanjutnya. Nah, menginjak pedal hi hat juga perlu dengan aturan tersendiri. Anda perlu menentukan open hi hat pada ukuran 0, 1/2, 1/4, 1 (full) karena hasil dari suara juga akan berbeda. 

e.             Mulai dari Ketukan Dasar

Nah, bagi anda yang merupakan pemula sebaiknya anda belajar drum dari awal dengan baik dan benar. Mulai dari ketukan dalam permainan snare, seperti single stroke, double stroke, triplets, dan lain sebagainya. Tentu saja dengan ketukan tersebut, anda bisa mengatur permainan drum anda menjadi lebih baik lagi. Lalu, bisa anda lanjutkan dengan cara memadukan ketukan kaki kanan pada bass drum dan kaki kiri pada pedal hi hat, tangan kanan pada hi hat dan tangan kiri pada snare drum. Hitung ketukan hi hat sebanyak 8 kali lalu anda sisipkan ketukan bass drum pada 1 dan 5 dan ketukan snare drum pada hitungan ke 3 dan 7. Hitung berulang ulang dengan hi hat juga. 








3.            Memainkan alat musik Kendang Dangdut
 












Gambar 2.
Berlatih mengatur tekanan dan tempo kendang

         Kendang di bagi menjadi dua bagian.yang pertama adalah kendang TAK atau kendang yang mempunyai ukuran lebih kecil. Yang kedua kendang DUT yang mempunyai ukuran lebih besar untuk memukul TAK gunakan jari telunjuk saja.dan selain jari jempol dan kelingking digunakan untuk menahan.gunakan 2 jari untuk menahan. untuk DUT nya atau bass nya gunakan jari tenggah dan tangan untuk menekan yang harus kalian bisa dulu adalah ketukan dasar/standart ada beberapa genre musik dangdut dan ketauilah bahwa beda genre beda ketukan dan beda tempo yang paling penting disini adalah power dan tempo harus seimbang. kalian harus punya power. tapi power itu bisa dilatih. Macam2 genre musik dangdut
a.             Dangdut Original
dangdut original atau dangdut biasa ini mempunyai karakter yang
berbeda. dangdut ori lebih banyak di TAKnya. Karakter dangdut ori versi Soneta dangdut versi soneta biasanya berpadu antara drum dan kendang pukulannya juga berbeda.
b.            Dangdut 3/4
Dangdut 3/4 biasa digunakan artis seperti bunda rita sugiarto dangdut3/4 mempunyai karakter yang kalem.
c.             Dangdut 4/4
Dangdut 4/4 biasanya digunakan konser seperti Dangdut Akademi dan KDI
d.            Dangdut Koplo
Dangdut koplo mempunyai karakter musik yang santai tapi asik
perbedaannya dangdut koplo dengan dangdut original adalah di dangdut ori ketukan lebih banyak di tak, sedangkan koplo banyak di dut koplo itu seperti jaipong dangdut ngaplak, bagi yang susah belajar tak nya. Dangdut ngaplak cukup mudah dengan cara memukul tak pakai telapak tanggan, pada saat tak dipukul posisi telapak tangan harus di karet pada memukul karet dan pinggir harus bersamaan untuk tong nya tetep pinggir
4.            Memainkan alat musik Gitar Bass
Pegang gitar bass dengan benar. Agar dapat memainkan musik yang indah, sangat penting untuk mempelajari posisi yang benar. Anda harus selalu menggunakan tali selempang gitar agar tangan Anda dapat fokus memainkan nada-nada yang Anda inginkan.
a.             Anda dapat duduk atau berdiri, namun pastikan Anda mempunyai postur yang baik. Dan pastikan selempang gitar Anda menopang gitar Anda di ketinggian yang sama ketika Anda duduk ataupun berdiri.
b.             Gitar seharusnya diletakkan di antara pinggang dan tulang leher. Kebanyakan orang memainkan gitar di perut, namun ini hanya pilihan pribadi.
c.              Gitar sebaiknya di miringkan sekitar 30 derajat, agar Anda tidak perlu menekuk pergelangan tangan Anda terlalu jauh.
Pengaturan nada standar pada gitar dengan 4 senar adalah E-A-D-G, dengan E sebagai senar paling bawah dan G sebagai senar paling atas. Anda dapat mengatur nada gitar dengan mendengarkan nadanya, yang terkadang kurang tepat atau menggunakan electric tuner yang lebih tepat pengaturan nadanya. Untuk mengatur pitch nada setiap senar, Anda cukup memutar bagian atas gitar.
Berlatih memetik. Gitar bass tidak seperti gitar lain yang senarnya dapat dimainkan dengan cara memetik seluruh senar bersamaan, gitar bass hanya dapat dimainkan dengan memetik satu per satu senar. Sangat penting untuk berlatih cara memetik gitar bass untuk menghasilkan suara yang indah. Gitar bass juga dapat dipetik seperti gitar biasa, yang tergantung pada jenis musik yang dimainkan.
a.             Selalu potong kuku jari Anda. Kuku Anda akan berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan senar gitar.
b.             Petik menggunakan dua jari untuk meningkatkan efisiensi. Petik gitar menggunakan jari tengah dan jari telunjuk secara bergantian. Tidak masalah dengan jari apa Anda memulai, asalkan kecepatan dan irama kedua jari tetap sama.
c.              Petik senar berdekatan dengan leher gitar untuk nada yang lembut. Jika Anda memetik senar di bagian ujung badan gitar, suara yang dihasilkan akan lebih perkusi. Ketika Anda berlatih, lokasikan petikan Anda ke area gitar tertentu tanpa sering berpindah-pindah.
d.             Petik senar dengan cara menggesekan ujung jari Anda ke senar. Jangan menarik senar pada saat memainkan gitar, karena suara yang dihasilkan kurang enak didengar. Jika Anda ingin memperbesar suara, besarkan tingkat suara di amplifier, bukan menguatkan petikan pada senar.
Matikan suara senar yang tidak Anda mainkan. Untuk menghasilkan suara yang lebih jelas dan tidak mengganggu nada yang Anda mainkan, penting untuk mematikan suara getaran senar dengan cara menahannya dengan jari Anda.
a.             Jaga agar ibu jari Anda tetap dekat dengan senar E sesering mungkin, agar ketika Anda tidak memainkan nada dengan ibu jari, Anda bisa menggunakannya untuk mematikan suara senar E.
b.             Jika harus melewati beberapa senar untuk memainkan nada-nada yang berbeda, cobalah gunakan beberapa jari Anda sekaligus untuk membantu mematikan suaranya.
c.              Anda juga bisa memindahkan ibu jari Anda ke senar selain E untuk mematikan suara senar lain jika Anda sedang mainkan nada tinggi.
d.             Jangan menekan senar ke bawah, namun cukup letakkan jari atau ibu jari Anda pada senar untuk mencegah getaran senar yang dapat menghasilkan suara.
Pelajari cara bermain root. Root adalah nada dasar dari sebuah kord yang Anda mainkan. Kord A dimainkan dengan cara membunyikan beberapa senar, dan biasanya root adalah nada yang dimainkan pada nama kord. Biasanya, Anda akan bermain bass dengan hanya fokus pada root dari setiap kord yang ada.
Belajar bermain oktaf. Semua jenis musik terdiri dari 12 not, yang bisa dimainkan dengan pitch rendah ataupun tinggi. Tingkat ketinggian nada not tersebut disebut juga oktaf.
a.             Untuk memainkan nada yang oktafnya lebih tinggi dari nada yang Anda mainkan, turun dua senar dan geser dua fret ke kanan.
b.             Untuk memainkan nada yang oktafnya lebih rendah dari nada yang Anda mainkan, naik dua senar dan 2 fret ke kiri.
c.              Anda dapat memainkan oktaf rendah dengan jari telunjuk dan oktaf tinggi dengan jari manis. Gunakan jari Anda yang lain untuk mematikan suara senar yang tidak dimainkan.
Belajar memainkan root dan nada kord ke lima. Setelah Anda mengerti nada root, pelajarilah nada kord ke lima. Nada ke lima adalah nada yang berjarak 5 nada dari root. Biasanya nada ini dimainkan bersamaan, untuk mengiringi pemain gitar atau piano. Untungnya menemukan nada ini sangatlah mudah.
a.             Untuk memainkan nada ke lima di atas, geser dua fret ke kanan di senar berikutnya.
b.             Untuk memainkan nada ke lima di bawah, tetap tekan fret yang sama dan pindah ke senar sebelumnya.
Jaga irama ketika berlatih. Tugas terpenting dari seorang pemain bass adalah menjaga irama dari musik yang ia mainkan. Bass akan memberikan suara yang indah pada setiap musik, walaupun demikian, tugas terpentingnya adalah menjaga irama musik. Setelah Anda mahir dalam memetik dan memainkan nada yang tepat, berlatihlah untuk menjaga irama musik.
a.             Dengarkan suara pemain bass di lagu kesukaan Anda untuk mempelajari bagaimana memainkan irama musiknya.
b.             Beli sebuah metronome untuk membantu Anda berlatih. Metronome adalah sebuah alat yang menghasilkan bunyi dengan tempo tertentu, membantu Anda untuk menyesuaikan irama dan tempo. Anda dapat mengatur kecepatan metronome untuk berlatih irama pelan ataupun cepat.

C.           Strategi dan Deskripsi jalannya Kegiatan
1.            Strategi kegiatan
a.             Pengamatan
Melalui kegiatan ini penulis mencoba mengamati kegiatan yang dilakukan oleh pemuda di lingkungan sekitar, hasilnya diperoleh bahwa sebagian besar para pemuda kurang memanfaatkan waktu dan potensinya untuk kegiatan kesenian.
b.            Penentuan Masalah
Setelah penulis mengadakan pengamatan dengan hasil bahwa sebagian pemuda kurang memanfaatkan potensi kesenian mereka, maka dilakukan pembinaan kegiatan yang dapat menjadi bekal bermasyarakat.
c.             Penentuan Pemuda Binaan
Dalam menentukan pemuda yang akan dibina dipilih pemuda yang tinggal di lingkungan sekitar penulis, hal itu untuk memudahkan hubungan komunikasi antara penulis dengan pemuda binaan.
d.            Pemilihan Kegiatan
Dalam memilih kegiatan diadakan musyawarah dengan pemuda binaan, dan didapat kesepakatan untuk melakukan kegiatan pelatihan kesenian qosidah berirama melayu karena potensi dalam dunia seni musik lebih fleksibel.
e.             Pelaksanaan.
Agar pelaksanaan dapat berjalan dengan baik, dalam kegiatan tidak bersifat kaku, artinya kedudukan kita sama tidak ada yang lebih tinggi dan pemuda binaan mempunyai kebebasan untuk mengeluarkan ide atau gagasan dalam kegiatan pembinaan.
f.             Evaluasi
Dalam tahap ini dapat dilihat hasil pelatihan seni musik oleh ketujuh pemuda binaan.
g.            Tindak lanjut
Diharapkan pemuda dapat berkarya dalam seni musik melalui kegiatan pembinaan ini.

2.            Deskripsi Jalannya  Kegiatan
a.             Pada tahap pra kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 01 – 29 April 2017
1)            Pada tanggal 01- 02 April 2017 penulis mengadakan pengamatan dilingkungan sekitar dengan hasil bahwa sebagian dari mereka melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat dan pemuda kurang memanfaatkan potensi mereka di bidang seni musik.
2)            Tanggal 03 April 2017 penulis menentukan tujuh pemuda binaan yang ada di lingkungan sekitar, ketujuh pemuda merupakan anggota Karang Taruna Bina Muda
3)            Tanggal 04 – 05  April 2017  melakukan kegiatan :
a)            Mengadakan kunjungan kepada 7 pemuda binaan
b)            Menjelaskan tujuan kegiatan pembinaan
c)            Meminta kesediaan 7 pemuda binaan untuk mengikuti kegiatan pembinaan.

3.            Tahap pelaksanaan dilaksanakan yaitu pada tanggal 08 – 29 April 2017
Tabel 3.
Tahap Pelaksanaan Kegiatan/Pembinaan
No
Pertemuan
Hari/tanggal
Pelaksanaan
Materi Program

   
  
1
I
Sabtu,
08 April 2017
Persiapan alat-alat dan pembekalan materi pelatihan qosidah berirama melayu kepada pemuda binaan
2
II
Sabtu,
15 April 2017
Melaksanakan kegiatan pelatihan qosidah tahap pertama dan sebagai tahap konsultasi awal
3
III
Sabtu,
22 April 2017
Melaksanakan kegiatan pelatihan qosidah tahap kedua dan sebagai tahap konsultasi akhir

4
IV
Sabtu,
29 April 2017
Melaksanakan pelatihan qosidah tahap akhir dan sebagai tahap evaluasi akhir



BAB III
TEMUAN DAN HASIL

A.           Temuan dan Hasil Evaluasi Proses
Untuk pelatihan seni musik qosidah berirama melayu tidak memerlukan banyak tahap dan dapat diselesaikan dalam satu kali pembinaan, karena didukung potensi pemuda binaan yang sudah menguasai dasar-dasar bermain alat musik, mulai dari bermain alat musik gitar melody, drum, kendang dangdut dan gitar bass.

B.            Temuan dan Hasil Evaluasi Produk
         Hasil pelaksanaan kegiatan secara umum sudah berhasil dengan  baik dilihat dari kualitas permainan yang dihasilkan, meskipun dalam bidang pemasaran masih mengalami kendala dikarenakan belum dapat memasarkan secara maksimal.

C.           Pembahasan
Dalam era globalisasi ini dalam negeri kita telah dipenuhi dengan berbagai macam kesenian, dan tidak banyak pula kesenian qosidah. Namun dalam kegiatan pembinaan kepemudaan dalam kesenian musik qosidah berirama melayu ini pun mengalami beberapa kendala yang harus dihadapi oleh para pemuda antara lain qosidah ini baru bisa dipasarkan di daerah sekitar karena masih terbatasnya hubungan dan kerja sama dengan pihak-pihak daerah lain untuk membantu mempromosikan qosidah ini.

D.           Gambaran Keaktifan Para Pemuda Binaan
Pada saat identifikasi dan sosialisasi para pemuda sangat antusias dengan program yang di tawarkan dan memberikan respon positif untuk mengikuti pembinaan.
22
Pada saat pelaksanaan program para pemuda binaan sangat bersemangat dan antusias merespon semua petunjuk pelatihan kesenian qosidah berirama melayu. Para pemuda binaan sangat terampil mempraktikkan kegiatan ini, mereka saling bekerja sama sehingga meskipun ada kendala – kendala yang dihadapi dapat diatasi dengan baik sehingga proses kegiatan berlangsung secara lancar. Para pemuda binaan selalu datang tepat waktu dan bertanggung  jawab atas semua pelaksanaan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
Pada tahap awal sebelum diadakannya pembinaan kesenian musik qosidah berirama melayu ini. Para pemuda karang taruna Bina Muda desa Ringinlarik masih banyak yang kurang memanfaat waktu luangnya. Sesungguhnya pemuda karang taruna Bina Muda desa Ringinlarik tepatnya didukuh Dronco banyak yang memiliki potensi dalam bidang seni musik, namun masih banyak pula yang kurang memperhatikan prospek-prospek dalam bidang seni musik.
Dukuh Dronco memiliki jumlah penduduk ± 307 jiwa. Dukuh Dronco merupakan dukuh yang memiliki seniman-seniman hampir mencapai 25% dari jumlah penduduk, namun dari sekian persen itu sudah banyak yang usiannya sudah tidak muda lagi dan sudah kalah untuk bersaing dengan seniman-seniman dari daerah lain yang sudah mengalami perubahan dari generasi ke generasi.
Sedikit demi sedikit setelah mulai melakukan pelatihan dari tujuh pemuda binaan sudah mulai terlihat potensi mereka di bidang seni musik. Meskipun ada satu pemuda yang ketika diberi penjelasan tidak memperhatikan. Namanya Bagong Riyadi, dia adalah anak dari Dalang Joko Sartono yang sudah terkenal di dunia seni. Meski dia tidak memperhatikan namun dia tahu apa yang harus dia lakukan dan itu mungkin dari bakat keturunan.
Setelah melakukan praktek bermain alat musik hampir 3-4 jam mulai terlihat titik terang untuk bermain dengan baik dan santai. Dari 7 pemuda binaan ternyata mereka mudah untuk mengerti dan mengerjakan apa yang saya jelaskan. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menguasai permainan musik qosidah berirama melayu ini karena mereka memiliki potensi-potensi dalam seni musik.
Setelah diadakan pembinaan kepemudaan dalam bidang seni musik yaitu seni musik qosidah berirama melayu, pemuda karang taruna Bina Muda sekarang lebih memanfaatkan waktunya terutama dalam bidang keagamaan. Meningkatnya ketaqwaan kepada Tuhan YME. Mulai mengaji setelah berjama’ah sholat maghrib. Meningkatnya keterampilan dalam seni musik yang memiliki nilai jual.
Di kemudian hari mungkin seni musik qosidah tidak hanya dimainkan oleh pemuda pemudi karang taruna namun bisa untuk dimainkan oleh Ibu-Ibu dan mungkin itu lebih prospek kedepannya.





















BAB IV
PENUTUP

A.          Simpulan
         Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan merupakan pembelajaran yang ditujukan untuk mengadakan suatu pembelajaran yang berbasis masyarakat melalui beberapa macam kegiatan seperti diadakannya kegiatan pembinaan yang bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada di lingkungan masyarakat.
         Kegiatan pembinaan ini merupakan salah satu cara untuk menciptakan peluang usaha baru dan untuk meningkatkan kesejahteraan guna memenuhi semua kebutuhan hidup. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran dan persoalan sosial di masyarakat,  melalui program pelatihan kepemudaan.
         Melalui kagiatan pembinaan seni musik qosidah yang di lakukan bersama dengan pemuda binaan Karang Taruna Bina Muda yang ada di desa Ringinlarik diharapkan bisa dijadikan suatu contoh dalam program pemberdayaan masyarakat. Hasil dari kegiatan pembinaan tersebut dapat menambah pengetahuan dan keterampilan para pemuda binaan. Kegiatan pembinaan kesenian musik qosidah ini dapat dipraktikan oleh pemuda binaan dan masyarakat secara langsung dan prospek kedepannya pun dapat membantu meningkatkan kreatif, keterampilan dan perekonomian masyarakat.
B.           Saran
25
Kegiatan pembinaan kesenian musik qosidah berirama melayu dapat terlaksana dan berjalan dengan lancar atas dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu pihak pemerintah desa setempat diharapkan lebih mendukung terhadap kegiatan pembinaan seperti ini dan dapat menjadikan kegiatan pembinaan seperti ini sebagai salah satu dari program pemerintah desa untuk menambah pengetahuan dan keterampilan masyarakatnya,kegiatan pembinaan ini juga bisa dijadikan sebagai modal pengetahuan dan keterampilan untuk membuka usaha baru.
Selain itu dalam kegiatan pembinaan yang telah dilaksanakan masih banyak kekurangan, seperti tidak pernah diadakan kegiatan penyuluhan dari pemerintah desa, minimalnya dana yang tersedia, dan banyak masyarakat yang masih belum mengerti tentang nilai-nilai positif dari diadakannya kegiatan pembinaan ini. Semoga saran ini dapat di realisasikan pada kegiatan pembinaan di waktu yang akan datang.
C.           Tindak  Lanjut
Setelah mengadakan kegiatan pembinaan ini kami sebagai pelaksana merasa bangga dan bersyukur kehadirat Allah SWT karena selain dapat membekali pengetahuan dan keterampilan kepada pemuda binaan khususnya dan masyarakat umumnya. Kegiatan pembinaan ini merupakan pengalaman yang sangat berharga tentunya bagi mahasiswa sebagai pelaksana. Selanjutnya sebagai tindak lanjut kami mengadakan program pemantauan dan evaluasi secara berkelanjutan supaya pemuda binaan  yang sudah mempunyai bekal pengetahuan dan keterampilan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, supaya kelak bisa menjadi salah satu pengusaha kerupuk yang sukses dan mempunyai masa depan yang lebih cerah. Semoga segala upaya yang sudah kami terapkan dapat  bermanfaat Amin Ya Robbal Alamin.











DAFTAR PUSTAKA

Hatimah, Ihat.(2008). Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta : Universitas Terbuka.



















27



Komentar

  1. Lucky Club Casino site - Lucky Club Casino Games
    Lucky Club Casino site · All of the best Slots · The best Live Dealers · Slots · Live Casino luckyclub.live · Blackjack · Roulette · Slots

    BalasHapus

Posting Komentar